Kamis, November 19, 2009

ADA APA SETELAH UPGRADE SOFTWARE

Dimulai saat berkunjung ke situs NOKIA lalu penasaran dengan tawaran upgrade software ponsel langsung dari komputer kita via internet. Setelah di cek ternyata N70 ME (produksi 2006) dan N79 (produksi 2009) telah tersedia software yang lebih baru. Pertama-tama N70 ME yang akan saya upgrade, (Penting! sebelum memulai proses upgrade backup terlebih dahulu memori HP ke dalam kartu memory, hilangkan lock pada memory card dan batterai dalam kondisi penuh), baru dimulailah prosesnya dengan mengikuti semua petunjuk di situs NOKIA yang begitu jelas dan mudah.

Data yang terunduh sekitar 45 MB, selama proses pengunduhan data beberapa kali sambungan terputus dikarenakan koneksi yang kurang stabil namun selama tidak keluar dari proses pengunduhan bila kita berhasil menyambung kembali proses tidak mulai dari awal lagi tapi meneruskan data yang sudah berhasil di unduh dan sebenarnya selama proses pengunduhan data, ponsel masih bisa beroperasi secara normal dengan kata lain proses upgrade menunggu semua data yang dibutuhkan selesai di unduh walaupun begitu sebaiknya jangan melepas kabel data dari komputer. Seteleh data terunduh semua maka mulailah proses upgrade dan disinilah saat yang mendebarkan dimana pada proses ini sekitar 10 menitan jangan sampai kabel data terlepas atau hp akan rusak sama sekali. Setelah proses selesai kondisi HP kembali seperti baru lagi semua aplikasi yang terinstal di HP hilang dan setting kembali ke awal, pokoknya seperti membeli baru tapi tenang data data yang disimpan dikartu memori tidak berkurang sedikitpun.

Untuk secara cepat memulihkan kedalam keadaan sediakala kembalikan memori HP dari backup yang tersimpan didalam kartu memori maka semua setting dan aplikasi akan terinstall kembali kecuali applikasi java seperti operamini harus diinstall ulang. Sebelum melanjutkan mengupgrade N79 saya ingin menunggu sekitar satu minggu untuk melihat perubahan positif dan negatif yang akan saya dapatkan dengan software yang ditingkatkan.
Setelah satu minggu berlalu hal yang saya rasakan adalah:
. batt lebih awet
. Proses lebih cepat
. Video lebih stabil
. Untuk negatifnya tidak ada

atas adasar itu saya lanjutkan dengan N79, yang mana sebenarnya N79 telah ada fasilitas upgrade via OTA artinya HP tersebut mampu mengupgrade dirinya sendiri via gprs/wifi tanpa bantuan dari luar namun berkali-kali saya coba N79 tidak mendeteksi ada software terbarunya sementara disitus nokia sftware terbaru sudah tersedia.

Proses dan langkah langkahnya sama dengan N70 ME namun data yang terdownload jauh lebih besar sekitar 145 MB dan setelah proses selesai yang memnggembirakan aadalah aplikasi dan setting hp tidak berubah sama sekali seperti tidak pernah mengalami proses upgrade saja, cuma bila kita mengecek dengan cara menekan *#0000# terlihat vesinya telah berubah dari awalnya 20.045 menjadi 30.019
Setelah satu minggu berlalu perubahan yang saya dapat adalah:
. Hasi kamera lebih tajam
. proses lebih cepat
. tidak lagi suka hang
. java lebih cepat
. bug bug kecil pada galery hilang

Rencana upgrade selanjutnya yaitu aplikasi maps dari versi 2.0 ke versi 3.0 OVI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar